Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Ajak ASN Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat Dengan Maksimal


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE buka bimbingan teknis pembinaan bagi pejabat struktural yang bertugas di kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (20/2).Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan sejak terbitnya Peraturan Bupati nomor 38 tahun 2006 tentang pelimpahan kewenangan bupati kepada camat serta Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 4 tentang pedoman pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu di kecamatan (paten).

Mengisyaratkan bahwa pelaksanaan kewenangan Bupati Humbang Hasundutan sebahagian telah dilimpahkan kepada para camat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memperpendek birokrasi khususnya yang menyangkut kebutuhan masyarakat. Dengan pelimpahan kewenangan tersebut maka beban kerja para aparatur di kecamatan sudah tentu semakin banyak dan berat, dimana pelimpahan kewenangan dimaksud pada akhirnya diharapkan dapat mewujudkan visi Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dengan beban kerja yang akan semakin banyak dan bervariasi serta untuk mewujudkan misi tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki profesionalisme yang tinggi, bertanggungjawab, produktif dan berkualitas baik fisik maupun spiritual khususnya aparatur di kecamatan.Pembinaan aparatur di kecamatan sangat mendasar dan diperlukan, oleh sebab itu pelatihan ini sangat bermanfaat karena melalui pelatihan ini perangkat kecamatan akan dibekali dengan beberapa informasi dan pengetahuan tentang bagaimana memanajemen pemerintahan.

Pengetahuan yang diperoleh pada pembinaan ini nantinya agar dapat diterapkan pada unit kerja masing-masing dan dapat disebarluaskan kepada rekan-rekan yang lain yang tidak turut serta dalam pembinaan ini. Dengan pelaksanaan pembinaan ini mudah-mudahan dapat berguna bagi camat dan perangkat kecamatan untuk melaksanakan tugas-tugas di lapangan pada masa sekarang dan yang akan datang. Untuk mampu menyelenggarakan pembangunan, pemerintahan dan hubungan kemasyarakatan. Walaupun secara nyata materi pembinaan tidak mencakup secara keseluruhan pengetahuan yang akan diterapkan dalam pekerjaan di unit kerja masing-masing. Kemampuan yang dimiliki harus mampu menjawab beban kerja yang semakin banyak dan mampu menghadapi tantangan pembangunan yang akan semakin kompleks. Dan diharapkan pembinaan pada tahun yang akan datang dapat mencakup materi yang lebih strategis lagi sesuai dengan kebutuhan di kecamatan.

Bupati Humbahas juga menyampaikan agar setiap aparatur di kecamatan menguasai, memahami dan menjalankan tugas dan fungsi masing-masing. Pupuk dan bina hubungan kerjasama yang baik dengan sesama pegawai dan unsur pimpinan kecamatan serta pimpinan instansi di wilayah kecamatan. Tingkatkan disiplin dan kinerja aparatur di setiap unit kerja masing-masing melalui pengawasan melekat. Kemudian agar melaksanakan monitoring dan pelihara dengan baik seluruh asset pembangunan di kecamatan. Ciptakan keamanan dan ketertiban yang selalu kondusif di setiap kecamatan. Bukan hanya itu saja, bupati mengajak ASN agar memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan untuk dilayani. Membangun tim kerja yang kompak di kecamatan sehingga membawa hasil bagi masyarakat luas Humbang Hasundutan. Dalam bekerja memberikan perhatian yang maksimal.

Kabag Tapem Naek M Sinambela S.Sos melaporkan bahwa pembinaan itu dilaksanakan untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pemahaman tugas perangkat kecamatan, penguatan struktur organisasi tata kerja serta peningkatan profesionalisme dan kinerja aparatur kecamatan. Kemudian dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan. Pembinaan akan dilaksanakan selama dua (2) hari, 20-21 Pebruari 2018 dengan nara sumber Dr Fernandes Simangunsong dari Badan Pengembangan Sumber Daya Aparatur IPDN dan Saiful Bahri Siregar SH dari Biro Pemerintahan Setdaprovsu.

Di sela-sela acara pembinaan itu, Pemkab Humbahas dan nara sumber saling tukar cendramata. Nara sumber Dr Fernandes Simangunsong memberikan buku kepada Bupati Humbahas sedangkan Bupati Humbahas memberikan plakat Pemkab Humbahas diterima Saiful Bahri Siregar. (Bagian_Protokol)