PASAR MURAH ANTISIPASI PASOKAN DAN STABILITASI HARGA BAHAN POKOK DI HUMBANG HASUNDUTAN


Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan PT. Musim Mas dan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri Kabupaten Humbang Hasundutan, melaksanakan pasar murah di Saitnihuta (20/12). Kegiaan ini dilaksanakan dalam rangka stabilitasi harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Humbang Hasundutan menjelang Hari Natal 2017 dan Tahun baru 2018.

Pasar murah ini merupakan bantuan dana  CSR PT. Musim Mas dengan nilai per paket Rp. 100.000,- untuk harga pasar sekarang dan masyarakat hanya membayar Rp.50.000- per kupon. Kupon dibagikan melalui gereja GPDI dan HKBP Desa Saitnuhuta dengan total kupon 1000 kupon.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Kemasyarakatan dan Pembangunan, Remond Pakpahan, S.Pd menyampaikan peyelenggaraan pasar murah ini untuk membantu sebagian kebutuhan sembako bagi masyarakat miskin di Humbang Hasundutan secara khusus di Desa Saitnihuta. Materi yang dijual adalah sesuai dengan permintaan masyarakat terutama menjelang Natal 2017 dan Tahun baru 2018.

Pemerintah mengapresiasi kehadiran rombongan dari kementerian perdagangan serta mengucapkan terimakasih untuk tetap mengimplementasikan 3 langkah antisipatif untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. Pemerintah juga mengucapkan terimakasih kepada PT. Musim Mas yang memberikan dana CSR untuk membantu masyarakat menjelang natal dan tahun baru.

Sementara itu Kepala Dinas Kopedagin Humbang Hasundutan, Radna F. Marbun, SE, M.Si menyampaikan bahwa arga kebutuhan pokok di Kabupaten Humbang Hasunduan di sepuluh kecamatan relatif stabil. Harga gula pasir di toko modern misalnya, dijual Rp. 13.000 per kg, minyak goreng curah / sederhana Rp. 15.000 per kg. selain harga yang stabil pasokan beras, gula dan minyak goreng juga stabil.

Harga kebutuhan pokok lainnya di pasar tradisional juga stabil seperti beras Rp. 9000 per kg, gula Rp.13.000 per kg, minyak goreng Rp.15.000 pr kg, kacang tanah Rp. 20.000 per kg. Untuk harga sembako lainnya seperti daging kerbau Rp. 140.000 per kg, daging kuda Rp. 140.000, daging bagi Rp. 50.000 per kg, ayam kampung Rp. 65.000 per kg, cabe merah Rp. 35.000 per kg, bawang merah Rp. 20.000 per kg, telur ayam eropa Rp. 1.500 per butir dan tomat Rp. 5.000 per kg.

Hadir pada pasar murah ini, Mewakili Kementerian perdagangan Boniyul Abes, Wakil Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Marsono Simamora, Kadis Kominfo Humbang Hasundutan, Drs. Hotman Hutasoit dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat. (rel/ ST/ Kominfo)

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini :

PASAR MURAH ANTISIPASI PASOKAN DAN STABILITASI HARGA BAHAN POKOK DI HUMBANG HASUNDUTAN