Rangkaian Paskah di Humbang Hasundutan


Doloksanggul (Protokol)-Obor Paskah dari Danau Tondano Provinsi Sulawesi Utara menuju Danau Toba, tiba di pinggiran Danau Toba tepatnya di Objek Wisata Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (16/4), bersamaan saat puncak perayaan Paskah Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2018.

Kedatangan kirab Obor Paskah Nasional disambut  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd, Forkominda Humbahas, Ketua PN Tarutung Hendra Utama Sotardodo SH, Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Plt Sekda Drs Augus Panuturi Marbun, Ketua LADN Humbahas Patar Simamora, tokoh masyarakat RW Manalu dan para tokoh lintas agama.

Ketua panitia Kirab Obor Paskah Nasional Teddy Mateos SE MM didampingi panitia Provinsi Sumut Robinson Lumbangaol SH menyampaikan bahwa Kirab Obor Paskah Nasional ini dimulai dari tepi Danau Tondano ibukota Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan penyelenggara Paskah Nasional pada tahun 2017 lalu.

Dia menjelaskan, Kirab Obor Paskah bertemakan Peace dan Harmony atau kedamaian dan kerukunan.  Tujuannya supaya anak bangsa di negeri ini paham akan arti perdamaian dan kerukunan. Dan hal itu, kata dia sudah dicerminkan di Kabupaten Humbahas, seperti keharmonisan antara Bupati dan Wakil Bupati, Forkominda dan tokoh lintas agama saat menerima panitia Jirab Obor Paskah Nasional di daerah itu.

“Saya melihat bapak Bupati dan Wakil Bupati menunjukkan keharmonisan. Hal-hal seperti ini tidak saya temukan di tempat lain. Dan ini perlu untuk diteruskan dan dipupuk, agar “tertular” ke kabupaten lain. Dan memang itulah yang terus kita gaungkan setiap kita melintasi kabupaten-kota,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dia menceritakan kesaksian mereka saat melintasi beberapa kabupaten kota. Pada intinya, dia menyampaikan, bahwa perjalanan Kirab Obor Paskah Nasional bukan hanya sebatas kirab, melainkan sudah menjadi suatu penginjilan Firman Tuhan. Kirab Obor Paskah Nasional berlangsung selama 40 hari mulai dari Kawasan Danau Tondano di Sulawesi Utara menuju Danau Toba Sumatera Utara dengan melewati 26 kota, dari Pulau Sulawesi, Jawa dan Sumatera, serta puncak kegiatan di Samosir yang rencananya diselenggarakan 25-28 April 2018.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemkab Humbahas dia menyampaikan selamat Paskah kepada seluruh elemen masyarakat Humbahas. Selain itu,  Bupati juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia paskah dan segenap unsur yang berpartisipasi demi terselenggaranya perayaan paskah besrta rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. Dikatakan lagi, paskah yang dirayakan pada saat itu adalah kesempatan yang diberikan Tuhan kepada kita untuk mengenal kebaikannya dalam kehidupan sebagai umat manusia. Kata dia, kita mungkin tidak mudah mempercayai suatu kebangkitan dari kematian pada saat ini tanpa kebangkitan Tuhan Yesus yang telah menderita sengsara di Kayu Salib karena dosa dan pelanggaran manusia seperti yang tertulis dalam kabar baik.

“Yesus Kristus Tuhan kita, menyampaikan pesan kepada manusia bukan hanya melalui perkataan saja, tetapi lewat perbuatan. Proses penyaliban Yesus serta kebangkitannya adalah karya terbesar Allah sesuai dengan thema perayaan paskah, “Karya Terbesar Allah adalah Kebangkitan Kristus. Maut telah dikalahkan, ini memberi keteladanan tentang kemenangan dengan menanggung penderitaan dan kesengsaraan untuk memulihkan dan mengembalikan citra kita sebagai umat kepunyaan Allah,” sebut Bupati Dosmar.

Ditambahkan, Paskah harus dapat menjadi titik balik untuk menyadari betapa berharganya hidup kita sebagai umat manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu, kita berkewajiban untuk mengucap syukur dan berterimakasih dengan melakukan tindakan-tindakan yang memuliakan Tuhan.

“Momentum Paskah ini juga menjadi kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat untuk bangkit merefleksikan kebaikan Allah dan teladan Tuhan Yesus, dan kita senantiasa diharapkan bisa menjadi saksi Kristus yang arif terpercaya dalam berpikir, bertindak dan berkarya dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai dengan sub thema paskah kita saat ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, atas nama Pemkab Humbahas, bupati mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersatu padu untuk mendukung kebijakan dan program pembangunan yang telah digulirkan Pemkab Humbahas, sehingga visi Kabupaten Humbahas yaitu “Mewujudkan Humbang Hasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul” khususnya misi “Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa” dapat tercapai.

“Saya tetap mengingatkan agar semakin berbenah, mari kita tingkatkan etos kerja, kita harus  satu ritme dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Perubahan dunia sangat cepat, kita harus mampu menghadapi tantangan perubahan jaman itu dan mampu merespon kebutuhan masyarakat yang selalu dinamis,” pungkasnya. Turut memberikan kata-kata sambutan, Kapolres Humbahas diwakili AKP J Sinaga dan Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit AMd.

Sebelumnya, Ketua Panitia Paskah Kabupaten Humbahas  Drs Janter Sinaga dalam laporannya menyampaikan, tujuan dan maksud dari kegiatan itu adalah merupakan salah satu upaya dalam rangka mempererat rasa persaudaraan sekaligus untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu, sebagai wujud dan kepedulian pemerintah dalam membangun karakter dan spritual masyarakat di daerah itu.

Untuk memeriahkan perayaan itu kata dia, telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti, bhakti sosial mengunjungi warga binaan di Lapas Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan  dengan memberikan bingkisan Paskah berupa pakaian dan alat mandi, kepada sejumlah 556  orang warga binaan, bhakti sosial donor darah di RSUD Doloksanggul, pemutaran film “Son Of God” secara serentak di sepuluh kecamatan di Humbang Hasundutan.

Berikutnya, perkemahan paskah, yang diikuti pramuka Kwarcab Humbahas berjumlah 350 orang di Objek Wisata Sipinsur, yang dirangkai dengan kegiatan Kebangkitan Kebangunan Rohani (KKR), pemutaran film “ Son Of God” di lokasi Objek Wisata Sipinsur, Pawai Obor Paskah di jalan Objek Wisata Sipinsur, dan drama Kolosal Jalan Salib yang diperankan muda-mudi Katolik Paroki Santo Fidelis Doloksanggul.

Acara Perayaan Paskah Kabupaten Humbahas diawali dengan kabaktian dengan pengkotbah Sekjen GKPI Pdt. RO Sininta Hutabarat MTh, dan dirangkai dengan sejumlah nyanyian pujian, pesan-pesan paskah, koor dari guru-guru UPT Pendidikan Wil I, Akbid/Akper Kesehatan Baru Doloksanggul, Dinas Kesehatan Humbahas, Ama GPP Pearung, SMA Negeri 2 Lintongnihuta, dan koor dari TP PKK Humbahas. Acara juga dihibur oleh artis ibukota, Rani Simbolon dan Dompak Sinaga. Bukan hanya itu saja, rangkaian paskah raya itu juga diadakan lucky draw . (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol/BR8/SIB)

Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini :

Rangkaian Paskah di Humbang Hasundutan