Tinggalkan Sri Lanka, Presiden Bertolak Menuju India


Di hari kedua dalam rangkaian kunjungan kenegaraan dan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke lima negara, Kamis, 25 Januari 2018 pukul 09.00 Waktu Setempat atau 10.30 WIB, Presiden beserta rombongan bertolak menuju New Delhi, India untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India.

Namun sebelum meninggalkan Sri Lanka, Presiden dan Ibu Iriana santap pagi bersama dengan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremensinghe beserta Ibu Maithree Wickremasinghe di Temple Trees, Colombo, Sri Lanka.

Presiden beserta rombongan akan bertolak dari Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Sri Lanka dan setibanya di New Delhi, India, Presiden dan Ibu Iriana akan langsung menuju Rasthrapati Bhawan (Kediamam Resmi Presiden India) untuk menghadiri Jamuan Makan Siang untuk Kepala Negara/Pemerintahan Anggota ASEAN oleh Presiden India Ram Nath Kovind dan Ibu Savita Kovind yang diakhiri dengan foto bersama.

Setelah jamuan makan siang selesai, Presiden Jokowi akan mengikuti Retreat Perdana Menteri India dengan Kepala Negara/Kepala Pemerintahan ASEAN di lokasi yang sama, dan dilanjutkan dengan foto bersama di Mughal Gardens.

Sore harinya, Presiden juga dijadwalkan akan menghadiri sejumlah agenda resmi KTT ASEAN-India di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi. Kepala Negara akan mengikuti upacara penyambutan ASEAN – India Commemorative Summit dan peluncuran ASEAN – India Commemorative Stamps, serta foto bersama.

KTT dalam rangka memperingati 25 tahun hubungan kerja sama antara India dengan anggota ASEAN itu kemudian akan dilajutkan dengan plenary session yang mengusung tema ‘India Shared Values, Common Destiny, peninjauan pameran 20 lukisan oleh pelukis ASEAN – India, hingga jamuan makan malam oleh Perdana Menteri India.

Malam harinya setelah rangkaian KTT ASEAN-India selesai, Presiden Jokowi juga diagendakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Colombo, 25 Januari 2018
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin